Rabu, 16 April 2008

...HEALTHY LIFE...

JAHATNYA ROKOK



Yang namanya rokok udah super akrab ama kita, walaupun ga berarti kita pemakai, penyuka, penggemar dan pecandu-nya. Mungkin juga dulu kita pernah ngalamin yang namanya keterikatan dengan rokok, bahkan sampai sekarang pun kita masih sulit melepaskan diri dari rokok, atau mungkin ada banyak temen or orang disekitar kita yang masih terus terikat dengan rokok tanpa ada kesadaran atau ketidaksadaran sama sekali akan bahayanya rokok. Selama ini kita Cuma tau bahwa yang namanya rokok tuh bahaya banget, tanpa tahu sebenarnya ada apa sih dengan rokok ini?? Well, get ready to shock!!

Rokok itu mengandung :
1. Racun hukuman mati / hydrogen cyanide
2. Bahan bakar korek api / butane
3. Gas beracun knalpot / carbonmonoxyde
4. Racun semut putih / arsenic
5. Kapur barus / naphthalene
6. Penghapus cat / acetone
7. Bahan yang dipakai untuk accu mobil / cadmium
8. Bahan plastic PVC / vinyl chloride
9. Bahan bakar roket / methanol
10. Pembersih lantai / ammonia
11. Pelarut industry / toluene



Dan masih banyak lagi zat-zat beracun lainnya (4000 bahan kimia) seperti pyrene, benzopyrene, polonium-210, urethane, dan 3 zat sangat berbahaya, yakni nikotin, tar, dan carbonmonoxyde. (sumber: artikel RS.medistra)


Tau juga kan, bahwa yang namanya rokok itu nyebabin gangguan n penyakit jantung, stroke, paru-paru, pencernaan, otak, pancreas, pembuluh darah, dan masih banyak lagi..udah banyak banget pengonsumsi rokok yang nyesel abis di masa tuanya.


So buat kita yang masih punya kecenderungan untuk ngerokok, cepet2 deh buat komitmen untuk lepas dari yang namanya rokok. Jangan lupa juga untuk ga pernah berhenti ngingetin n nasihatin temen-temen or orang disekitar kita.. supaya korban rokok ga makin bertambah..


1 komentar:

ramonaramones mengatakan...

Aku tak suka rokok.. :'(

Papa ku aj baru keluar RS karna pykt jantung... JANTUNG KORONER..

G tega bgt wkt liat papa d ICU pake slang oxygen,psang infus...

Pokok e no smoking dech...
don't like somad..

oh y, visit me ya..
my blog